Pages

Kamis, 14 April 2011

Perak Diburu, Perak Melaju

Depok, 14 April 2011

Kemampuan perak mengungguli emas semakin terbukti. Masih jauh dari nilai sewajarnya.

Dalam masa ratusan tahun, perbandingan nilai perak terhadap emas, sangat stabil pada posisi 1:15. Dalam masa 40 tahun terakhir ini nilai perak mengalami penurunan, atau tepatnya tidak mengalami peningkatan sewajarnya, sampai rasionya terhadap emas ada pada posisi 1:65 beberapa bulan lalu. Namun demikian, dalam beberapa bulan terakhir ini, nilai perak terus melaju, meski nilai emas juga tetap meningkat, hingga perbandingan nilai perak dan emas, pada awal April 2011, telah berada pada posisi 1:37.

Dalam setahun terakhir, April 2010-April 2011, kenaikan nilai perak (dalam US dolar) memang telah meningkat labih dari 110%, dari posisi sekitar 17 USD/oz ke 36 USD/oz. Tetapi, dalam sepekan terakhri ini, harga perak telah meroket ke posisi 40 USD. Padaha, ketika itu para analis masih mengatakan "harga perak mungkin tembus 37 USD/oz". Kalau kita lihat dalam rentang waktu sedikit ke belakang, dalam tujuh tahun terakhir, harga perak meroket dari 4.15 USD/oz ke 30 USD/oz pada awal tahun 2011, terus perlahan merangkak, ke 35-an USD/oz, dan melaju ke 40 USD/oz saat ini. Ini artinya ada kenaikan rata-rata sekitar 50%/tahun.

Kapan nilai perak akan berhenti melaju? Di atas kertas ketika rasionya dengan emas kembali ke posisi 1:15. Itu artinya pada posisi sekitar 95 USD/oz, dengan harga emas hari ini, sekitar 1450 USD/oz. Kita tahu harga emas pun rata-rata naik 20%/tahun. Jadi, posisi perak masih akan terus melaju, sampai di atas 100 USD/oz.


Dirham perak, di awal April 2011, telah menebus Rp 50.000/Dirham. Ini pada rasio 1:37 di atas. Maka, kalau posisi kembali ke rasio 1:15, maka nilai dirham sekurangnya adalah Rp 118.000, pada nilai awal April ini. Dengan berjalannya waktu, dengan naiknya harga emas, harga perak pun masih akan meingkat. Tepatnya, itu semua, karena nilai USD dan mata uang kertas lain apa pun yang terus semakin merosot.

Keputusan Negara Bagian Utah untuk mengakui kembali koin perak sebagai mata uang, dan perkembangan pemakaian dirham perak di berbagai penjuru dunia, jelas telah mempercepat laju nilai perak dan dirham perak. Sementara produksi perak saat ini sekitar 700 juta oz/tahun. Jumlah yang terbatas, sementara permintaan terus meningkat, adalah pemicu lain meroketnya harga perak.

Semakin perak diburu, semakin ia melaju. Ayo, gunakan Dirham perak setiap hari, agar harta berputar dan berpindah dari tangan ke tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar